Senin, 12 Desember 2011

CIBULAN DAN SUMUR TUJUH




kolam alami cibulan
Cibulan adalah kolam renang pemandian alami yang berada di kaki Gunung Ciremai, tepatnya di wilayah Desa  Manis Kidul  Kecamatan Jalaksana yang termasuk kabupaen Kuningan Jawa Barat. Suasana alam yang masih asri dengan kejernihan air yang tak pernah surut adalah pesona tersendiri.

Namun yang paling menarik adalah adanya ikan kancra bodas yang jinak dan bersahabat. Setiap pengunjung tidak hanya bisa menyaksikan bahkan bisa bercengkrama mandi bersama ikan-ikan. Sedikit ada mitos tentang ikan-ikan ini yang dianggap keramat, sesuai dengan julukanya yang diberikan masyarakat, "IKAN DEWA". Dewa bukan berarti dewa sesungguhnya tetapi kependekan dari kata GEDE dan DAWA.

ikan dewa (gede dawa)
Kolam pemandian Cibulan, cocok untuk rekreasi keluarga, unutuk menghilangkan kepenatan sehari-hari. Disamping rekreasi keluarga jg, sebenarnya Cibulan adalah tempat rekreasi religi juga, karena di salah satu sudut komplek pemandian Cibulan ada peninggalan Prabu Siliwangi yang sering dijiarahi untuk ngalap berkahnya, yaitu Sumur Tujuh Cibulan.

Sumur mempunyai nama yang berbeda dan di yakini mempunyai khasiat yang berbeda juga. Misalnya sumur cimulud atau lebih dikenal sebagai sumur kejayaan, bagi pejiarah yang mengambil air atau cuci muka di sumur ini di harapkan kan mendapatkan kejayaan dalam kehidupan.

sumur tujuh cibulan
Berikut nama-nama ketujuh sumur cibulan:
1. Sumur Cimulud yang dikenal dengan nama sumur kejayaan
2. Sumur Cigandasoli dikenal sebagai sumur kewaluyaan
3. Sumur Cigambuh dikenal sebagai sumur derajat
4. Sumur Cipasar dikenal sebagai sumur keselamatan
5. Sumur Ciwelut dikenal sebagai sumur kemulyaan
6. Sumur Cibarerang dikenal sebagai sumur kecantikan
7. Sumur Cigoong dikenal sebagai sumur keagungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar