Jumat, 07 Oktober 2011

GUA ARJUNA MINTURAGA


gua kandang hayam


Gua Arjuna Minturaga yang terletak di Desa Jabranti Kecamatan Karang Kancana Kabupaten Kuningan adalah salah satu gua di kawasan Buklit Karang Kancana. Di samping gua itu ada juga Gua Jalan Majapahit atau bagi penduduk setempat sering disebut Gua Kandang Hayam, yang lainya Gua Arjuna Sastra Bahu, Gua Nakula Sadewa, Gua Racun atau Gua Alit dan gua-gua yang lain yang keseluruhanya mencapai 8 hingga 12 tempat. Menurut keterangan sesepuh setempat masih ada gua-gua yang lainnya yang belum di ketahui jalan masuknya.

Panjang dan kedalaman Gua berpariasi dari yang terpendek 15 meter sampai ada yang ratusan meter. Beberapa gua mudah di jangkau dan di masuki dengan aman tanpa memerlukan perlengkapan khusus tapi beberapa gua tak bisa di masuki tanpa menggunakan tambang dan peralatan lainya.

Gua yang bisa dimasuki dengan mudah dan aman adalah Gua Kandang Hayam atau Gua Jalan Majapahit, Gua Arjuna Minturaga, Gua Nakula Sadewa dan Gua Racun atau disebut juga gua alit. Sementara gua-gua yang lain karena mulut guanya berbentuk sumur diperlukan peralatan demi keamanan.

Gua-gua ini konon menurut cerita sepuh adalah tempat bertapanya Eyang Semar dan Arjuna, namun saat pemerintahan Kerajaan Kuningan atau Saunggalah, Prabu Seuweu Karma juga menggunakan gua ini untuk bersemedi juga basis pertahanan. Begitu juga semasa penyebaran islam oleh wali songo, Embah  buyut Renggang menggunakannya sebagai pusat penyebaran agama sekaligus tempat peristirahatanya. Mbah Buyut Renggang adalah utusan Gusti Sinuwun Kanjeng Sunan Gunung Jati yang di perintahkan untuk menyebarkan agama islam di wilayah itu.

ornamen gua Nakula Sadewa

gua alit/gua racun

pintu masuk gua Arjuna Minturaga

  
jalan menuju gua racun


Tidak ada komentar:

Posting Komentar